Diduga Tidak Miliki IMB, Bangunan di Komplek Deli Indah Juga Langgar GSJ

Foto bangunan di Komplek Deli Indah yang tidak memiliki izin dan langgar Garis Sepadan Jalan

Medan. AnalisaOne.com I Memiliki rumah idaman adalah harapan setiap orang. Namun bagaimana bila rumah idaman dibangun tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan langgar Garis Sepadan Jalan (GSJ)?. Kamis, (20/2).

Pantauan dilokasi, terlihat sebuah rumah mewah disebut -sebut milik warga Thionghoa berdiri dan diduga dibangun tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), selain itu, bangunan tersebut terlalu menjorong ke jalan Deli indah 9 no 16 X Kel.Pulo Brayan Kota, Kec.Medan Barat. Alhasil, warga yang melintas menjadi terganggu.

“Tidak ada IMB- nya bangunan itu, kalau ada kan terpasang. Bangunannya pun suka – suka aja. Sudah makan jalan bangunannya” Cetus warga kepada wartawan.

Selain itu, bangunan tersebut juga berdiri diatas parit warga yang dialokasikan untuk limbah warga perumahan.akibatnya parit menjadi tertutup.

“Ia tertutup bang. Namanya bangunannya diatas parit. Itu dikangkanginya la” Ujar warga yang mengaku sering melintasi lokasi.

Selain melanggar aturan Garis Sepadan Jalan (RSJ) dan Tata Kota, bangunan tanpa izin ini merugikan keuangan daerah dalam sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD). Apalagi di Kota Medan masih banyak bangunan liar tidak memiliki izin.

Hambali, selaku Ketua DPW Sumut Badan Pemantau Korupsi Penyelenggaraan Negara Kesatuan RI (BPKP-NKRI) menanggapi bangunan tanpa izin yang marak di Kota Medan menjadi hilangnya pendapatan retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebagai peningkatan Pajak PAD. Dirinya meminta kepada pihak Kecamatan dan Dinas Tata Kota Medan beserta Satpol PP selaku diamanahkan agar segera membongkarnya.

“Jelas itu melanggar. Retribusi IMB kita tidak capai target. Kini tahun 2020 harusnya tingkatkan PAD. Jadi saya minta kepada Kecamatan, Dinas TRTB Kota Medan beserta Satpol PP segera selaku diamanahkan membongkarnya.”pinta Hambali.

Sementara, Hingga berita ini diturunkan, pihak Kecamatan dan Dinas Satpol PP belum dapat dikonfirmasi. Pun begitu, bangunan tanpa izin ini mulus berdiri tanpa hambatan dan belum ditindak. (Bd).

Comments on Facebook